Wednesday, July 17, 2013

Hukum Berkuku Panjang Dalam Islam

jika kita memperhatikan teman, sahabat, atau orang - orang terdekat di sekitar kita, banyak sekali mereka yang sangat menyukai atau gemar memelihara kuku panjang. Banyak yang mengatakan berkuku panjang adalah salah satu Gaya setelah Rambut. Artinya, bisa mempercantik style dan menambah Gaya setelah Mahkota (Rambut).

Memang benar sich, bisa jadi Gaya. Tetapi sebenarnya itu adalah hal yang sangat di larang karena bisa mengganggu kesehatan serta dilarang oleh Islam.

Kuku Panjang
Berkuku panjang jika kita perhatikan, secara tidak langsung seorang yang memiliki kuku panjang mempunyai karakter atau kebiasaan yang jorok.

Mengapa demikian??? Di katakan demikian karena saat melakukan sesuatu atau kegiatan, banyak dan kemungkinan besar kotoran menempel dan masuk kedalam kuku. Untuk beberapa waktu, memang seorang tersebut mampu dan mempunyai kesempatan untuk membersihkan kotoran yang ada di kukunya. Namun, jika kegiatan yang sama di lakukan apakah seorang tersebut akan terus membersihkan kukunya dari kotoran??

Saya rasa tidak, berawal dari hal itulah dia menjadi seorang yang jorok dan malas untuk membersihkan kukunya. Ingin memotongnya, sempat berpikir sudah lama dan membutuhkan waktu yang lama untuk memanjangkan kuku tersebut. Itu yang ada di benak sang pemelihara kuku panjang.

Sedangkan di dalam Islam Kuku panjang sangat di larang, mengapa di larang??? Dilarang karena, kuku yang panjang pasti kuku tersebut adalah kuku yang kotor. Jika kuku tersebut kotor Syaitan sangat menyukai tempat - tempat yang kotor dan ternyata Syaitan memayungi anak dan cucunya di bawah kuku panjang Manusia saat musim panas..

Hal lainnya, kuku yang panjang juga mengakibatkan hal negatif yang tidak pernah kita sangka. Apa hal tersebut?? Jika berkuku panjang, saat berwudhu otomatis Air wudhu tidak masuk kedalam Bagian tubuh yang tertutup Panjangnya Kuku, akibatnya sholat yang kita lakukan menjadi tidak sah karena sebagian tubuh kita tidak terkena Air Wudhu saat berwudhu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment